TIPS MENGATASI NYERI HAID

TIPS MENGATASI NYERI HAID

Haid atau menstruasi merupakan hal yang umum terjadi di kalangan para wanita. Siklus haid yang dimiliki wanita satu dan yang lainya tidaklah sama. Bahkan rasa nyeri yang dirasakan wanita satu dan wanita lainya pada saat haid juga berbeda-beda. Ada yang tidak merasa nyeri sama sekali, ada yang hanya merasa sedikit nyeri,. Dan juga ada yang merasakan nyeri haid sampai lemas karena saking sakitnya. Nyeri haid disebabkan karena kontraksi yang ditimbulkan saat terjadinya proses peluruhan dinding Rahim. Kontraksi yang menekan pembuluh darah dapat memutus oksigen yang menuju Rahim sehingga jaringan pada Rahim melepas bahan kimia yang menimbulkan rasa nyeri. Nyeri haid merupakan hal yang sangat mengganggu ketika kita sedang beraktifitas. Nah untuk itu disini saya akan membahas bagaimana tips yang seharusnya dilakukan untuk  mengatasi nyeri haid.

Tips-tips hilangkan nyeri haid

  • Minum air putih hangat

Memperbanyak minum air putih merupakan hal yang sangat baik untuk kesehatan. Tek terkecuali dengan  minum air putih hangat. Air putih hangat dapat membantu kamu mengurangi rasa kembung dan juga nyeri perut akibat menstruasi. Minum air putih hangat juga dapat mengurangi rasa kram perut yang disebabkan oleh otot perut yang tegang. Karena ait putih hangat dapat membantu mengendurkan otot yang tegang tersebut dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Selain itu saat kamu haid juga sangat disarankan minum air putih lebih banyak dari sebelumnya. Karena saat haid cairan tubuh kita akan berkurang dan harus mengatasinya dengan cara banyak minum air.

  • Usahakan jangan terlalu banyak ngemil

Biasanya orang yang haid nafsu makannya menjadi bertambah dan akhirnya melampiaskannya kepada cemilan.  Meskipun camilan itu enak di mulut namun ternyata camilan tersebut banyak mengandung zat yang dapat membuat perut kita menjadi kembung bahkan dapat memicu adanya peradangan. Dan akhirnya menjadikan kram otot dan rasa nyeri. Untuk itu kamu bisa mengganti cemilanmu itu dengan sayuran atau buah-buahan.

  • Usahakan jangan telalu sering minum kopi

Kopi mengandung zat kafein yang cukup tinggi. Kafein sendiri dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan menyebabkan kram menjadi semakin terasa sakit. Anda tetap diperbolehkan minum kopi dengan catatan kopi tersebut mengandung 0 kafein. Anda juga tidak dianjurkan meminum soda, teh dan coklat selama periode menstruasi berlangsung.

  • Menempelkan air panas

Kamu juga dapat mengatasi nyeri yang kamu alami saat haid dengan cara menempelkan air hangat ke bagian kram atau nyeri kamu. caranya dengan isi air panas ke dalam botol kaca. Dan kamu tempelkan ke perut kamu yang nyeri. Kamu juga bisa memanfaatkan bantal pemanas kamu jika kamu mempunyainya. Temperatur panas yang kamu berikan pada perutmu dapat merelaksasi otot yang tegang sehingga dapat ,meredakan rasa nyeri haid yang kamu alami.

  • Memijatnya atau melakukan akupuntur

Kamu juga dapat mengurangi nyeri haid dengan cara memijat lebut perut yang mengalami nyeri. Dengan begitu otot perut kamu akan direlaksasi. Kamu juga dapat melakukan akupuntur yang dilakukan oleh orang yang sudah ahli.akupuntur dapat mendorong pelepasan endorfin dan dapat mengurangi peradangan yang akan membuat wanita mrasa lebih rileks.

Itulah hal-hal yang bisa kamu terapkan saat kamu di serang nyeri haid. Selamat mencobanya dan semoga berhasil.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts