FAKTA TINGGI BADAN DAN OLAHRAGA UNTUK MENINGGIKAN BADAN

Tinggi badan seseorang memang berbeda beda karena bebrapa factor, yaitu factor genetik, asupan nutrisi, dan lingkungan. Factor genetic memang berperan penting dalam pertumbuhan seseorang terutama dalam masalah tinggi badan. Selebihnya dapat di tentukkan dari nutrisi makanan yang kita mnakan. Olahraga bukan hanya membuat badan kita menjadi lebih sehat nyatanya dengan rutin berolahraga dapat berpengaruh pada tinggi badan, seperti jogging, lompat tali, basket, bersepeda, dan berenang. Olahraga tersebut akan mendorong tulang untuk terus tumbuh dan akan berpengaruh pada tinggi badan. Pada saat kita masih kecil ternyata pertumbuhan tinggi kita semakin besar, manusia bisa bertambah tinggi sampai 10 inci dari tinggi badan sejak lahir, setelah itu tinggi badan manusia meningkat secara stabil sampai masa remaja. Pertumbuhan tinggi badan wanita mulai berhenti setelah 2-3 tahun setelah menstruasi, sedangkan pertumbuhan tinggi laki laki paling cepat pada usia awal dua puluhan. Seseorang juga bisa bertambah tinggi dalam satu malam. Alasannya sebagian besar hormon pertumbuhan dilepaskan saat tidur sehingga tidur malam yang baik dapat membantu seorang anak mencapai pertumbuhan optimal.

Olahraga untuk tinggi badan

Banyak olahraga yang digemari anak anak tetapi mungkin mereka belum tau manfaat yang ada di dalamnya, bahkan orang dewasapun pasti ada yang belum mengerti bagaimana olahraga yang baik dan benar agar dapat memperoleh manfaat yang optimal, salah satunya adalah olahraga untuk tinggi badan. Berikut olahraga yang bisa dicoba untuk menambah tinggi badan:

  1. Jogging

Jogging dipercaya mampu membantu untuk menambah tinggi badan, karena jogging dan lari bisa membantu memperkuat bagian kaki dan mampu menstimulus pertumbuhan tulang. Ya memang hadil yang didapatkan tidak akan selalu cepat tetapi Jika kita konsisten maka akan memberikan manfaat yang tidak signifikan. Dengan demikian, Mulailah menyisihkan waktumu untuk berolahraga.

  1. Lompat tali

Jika di desa lompat tali sering kita temui sebagai mainan anak anak perempuan ternyata perlu kita tau baha lompat tali tak hanya sebagai media hiburan tetapi bermanfaat unyuk pertumbuhan tinggi badan. Pasalnya, selama berolahraga lompat tali, tubuh melepaskan lebih banyak hormon pertumbuhan (HGH) untuk mendukung pertumbuhan tinggi badan yang lebih maksimal. Selain itu, olahraga lompat tali secara umum akan membantu menguatkan struktur otak dan tulang. Durasi ideal bagi pemulai adalah 10 menit dan jika sudah terbiasa, kamu bisa menambah durasi menjadi 15-20 menit setiap harinya

  1. Berenang

Seperti yang kita tau bukan bahwa berenang memberikan dampak positif bagi pertumbuhan yaitu tinggi badan, bisa di lihat kebanyakan atelit renang atau perenang di seluruh dunia memiliki tubuh yang tinggi dan ramping hal tersebut disebabkan karena berenang dapat membantu memperkuat tulang belakang dan membantu mencapi postur tubuh yang baik. Ketika sedang berenang otot tubuh akan bergerak dan akan mengambang secara horinzontal di air. Perlu di ketahui bergerak di dalam air akan membutuhkan lebih banyak tenaga di bandingkan bergerak di udara.

Itulah beberapa pengertian tentang tinggi badan dan olahraga apa saja yang dapat berpengaruh pada pertumbuhan. Semua itu bisa kita dapatkan secara maksimal jika kita rajin berolahraga, makan makanan yang sehat, Khususnya makanan-makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral memiliki peranan penting dalam perkembangan otot dan tulang yang dibutuhkan untuk mendukung pertambahan tinggi badan yang sehat.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts